Setiap hari kamu kan naik KRL untuk berangkat kerja,kuliah atau hanya sekedar jalan bareng teman, setiap naik pasti dengan krl yang berbeda-beda ya kan? Nah kamu tahu ngga jenis krl apa yang kamu tumpangi itu?
Di lintas Jabodetabek + Serpong ini ada banyak banget KRL yang beroperasi dan menjelajah dari ujung stasiun ke ujung stasiun setiap harinya, Bagi para Railfans sih mungkin udah hapal di luar kepala itu jenis-jenis krl yang ada,nah bagai mana dengan kamu yang hanya seorang penumpang biasa bukan dari kelompok pecinta kereta apa mengetahui jenis-jenis KRL tersebut?
Saya mau berbagi sedikit nih tentang jenis-jenis KRL yang bertugas di lintas jabodetabek + serpong yang saya kumpulin dari berbagai sumber...
1. KRL Rheostatik ( Biasa di panggil REOS ex KRL Ekonomi )
KRL ini adalah KRL buatan Jepang tahun 1976. KRL ini dibuat
oleh perusahaan Nippon Sharyo, Hitachi dan Kawasaki dari Jepang, dan kita beli
baru, gak kaya sekarang dapetnya hibah ato enggak beli seken. Gambar di atas
adalah KRL Rheostatik generasi pertama. Dulunya ini KRL juga pake pintu geser,
tapi karena ‘kreatifitas’ penumpang, pintu itu jadi rusak deh. Dulunya ini
dijalanin sebagai KRL Ekonomi.
Kalo yg ini, KRL Rheostatik generasi ke dua, dibuat taun
1986-1987. KRL ini dulunya pernah jalan sebagai KRL Pakuan Bisnis, dan dulu ini
ada AC-nya . Ini KRL AC pertama di Indonesia, tapi sayang sekarang KRL udah pensiun beroperasi :(
2. KRL ABB Hyundai
KRL ini di buat atas kerja sama antara PT.INKA dan Hyundai . KRL ini di rakit di PT.INKA di Madiun pada tahun 1985 -1992 dan di buat sebanyak 8 gerbong ( 2 set ) krl ini berteknologi VVVF ( Variable Voltage Variable Frequency ) yang di sebut sebagai prototipe kereta maglev yang di kembangkan oleh PT.Hyundai untuk jalur seoul -pusan . Saat ini krl ini sudah di konversi menjadi KRDE yang beroperasi di jalur surabaya - mojokerto ( Arek Mojokerto ) Dulu di lintas jabotabek pernah menjadi krl express.
3. KRL BN-Holec
KRL ini adalah KRL hasil kerjasama antara PT.INKA dengan Beliga - Belanda . KRL ini pertama kali di rakit pada tahun 1994 sebanyak 120 unit , Dari seluruh KRL yang ada pada waktu itu KRL holec ini lah yang paling bandel yang susah di rawat pantes sering mogok kan pada jamannya -__-* selain suku cadang yang susah di cari ( pabrik suku cadangnya udah lama tutup ) karna saking banyaknya holec yang mogok maka krl ini di jadikan KRDE ( Kereta Rel Diesel Elektrik ) yang di operasikan di berbagai kota seperti rute Yogyakarta -Solo ( prameks ) dan rute Padalarang - Cicalengka ( Rencang Geulis )
4. KRL TOEI 6000
KRL ini adalah KRL yang diimpor dari perusahaan KA milik
Biro Transportasi Pemerintah Daerah Tokyo (Tōei), dalam rangka kerjasama
strategis Indonesia-Jepang saat itu. Meramaikan jalur Jabotabek mulai tahun
2000, dioperasikan di sebagian besar rute untuk layanan ekspres dengan tambahan
pendingin udara (AC). Karena asalnya, KRL ini sering disebut sebagai KRL hibah.
Pada mulanya di datangkan 72 unit yang di datangkan dari jepang dengan masing-masing rangkaian terdiri dari 8 kereta ( gerbong ) , namun pada akhirnya hanya sebanyak 3 rangkaianlah yang memiliki 8 kereta sedangkan sisanya di jadikan 6 kereta per rangkaian.
5. KRL JR103
JR 103 di datangkan pada tahun 2004 , seri 103 ini adalah salah satu rangkaian yang di pergunakan untuk layanan bojong gede express dan depok express pada waktu itu, namun akibat meningkatnya penumpang krl ini di ganti dengan krl yang memiliki 8 gerbong.
KRL ini masing-masing rangkaiannya terdiri dari 4 gerbong ( 1 set ) dan menjadi salah satu rangkaian ber-AC terdingin se jabodetabek. KRL ini sekarang berada dalam perawatan depo depok.
6. KRL Tokyo Metro 5000
TM5000 ini adalah KRL buatan jepang pada awalnya krl ini akan di operasikan dengan 10 gerbong karna keterbatasan peron dan kurang daya listriknya jadi hanya di operasikan hanya 8 kereta setiap rangkaiannya.
7. KRL Tokyo Rapid 1000
KRL eks Toyo Rapid 1000 (1091F, 1081F, 1061F). Kereta ini
merupakan rekondisi (pengubahan ulang) dari unit Tōkyō Metro seri 5000, yang
juga dijual ke Indonesia. Pada awalnya masing-masing rangkaian akan
dioperasikan dengan sepuluh gerbong, namun hanya dioperasikan dengan delapan
gerbong akibat terbatasnya panjang peron dan kurangnya daya.
8. KRL Tokyu
KRL Tokyu 8500
KRL eks Tokyu Corporation (atau disebut Tokyu saja) mulai
meramaikan armada komuter Jabodetabek sejak masuknya rangkaian seri 8000 dan
8500. KRL eks Tokyu Seri 8000 dibuat pada tahun 1970-an dan
KRL seri 8500
dibuat pada tahun 1975-an dan merupakan pengembangan dari Tokyu seri 8000.
Khusus untuk unit bernomor depan 07xx dan 08xx (mis. 0715 dan 0815) adalah unit
yang dibuat pada tahun 1985 ke atas.
KRL ini diimpor dari Jepang dengan harga sekitar 800 juta
per unit, atau sekitar 6,5 miliar per rangkaian dengan 8 kereta. Berkat
perawatan yang baik, KRL Tōkyū selama ini jarang bermasalah dan dapat
dioperasikan sampai sepuluh tahun mendatang di Jabodetabek.
Apa bedanya KRL Tokyu 8500 sama Tokyu 8000?
Perbedaannya terletak pada wajahnya, yaitu Seri 8000 hanya
memiliki 1 kacakecil diatas sedangkan Seri 8500 memiliki 3 kaca kecil diatas,
dan juga jarak antara lampu bulat dengan merah, Seri 8000 jaraknya dekat
sedangkan Seri 8500 jaraknya jauh.
9. KRL Tokyo Metro 6000 dan 7000
TM6000 dan TM7000 ini merupakan KRL jepang sama seperti krl jepang lainnya semula akan di operasikan dengan 10 gerbong tapi sekarang hanya 8 gerbong saja yang di operasikan, semua rangkaian berwarna sama yaitu merah di bagian muka, perak di bagian badan dan strip kuning - merah, Semua rangkaian di alokasikan pemeliharaanya di depo depok dan beroperasikan di lintas bogor, serpong, bekasi dan tanggerang.
TM6000 dan TM7000 itu memang memiliki kesamaan cuma yang membedakan hanya pintu bagian atas pada wajah nya , TM6000 tidak memiliki kaca kecil di atas pintu sedangkan TM7000 memiliki kaca kecil di atas pintu bagian depan ( muka ). KRL jadi krl yang paling di tunggu karna ACnya masih lumayan kenceng.
10. KRL Tokyo Metro 05
KRL ini Juga buatan jepang yang datang ke indonesia pada bulan agustus 2010, rangkaian yang datang pada bulan agustus hanya 2 set ( 20 unit ) dari rencana 5 set ( 50 unit ). Warna krl ini sama dengan krl TM7000 dan TM6000 dan di jendela kabin bagian depan di pasang tralis guna mencegah kaca pecah karna lemparan batui biasa dah indonesia gitu loh :)) belum semua unit bisa beroperasi karna masih menunggu sertifikasi dari pihak departemen perhubungan.
11. KRL JR203
KRL ini tiba di indonesia pada tanggal 2 Agustus 2011, semua rangkaian ini masih berada di depo depok guna modifikasi pergantian warna, udah ada juga sih yang beroperasi sebagian dengan cat warna ala KCJ yaitu merah kuning.
12. KRL - I
KRL-I di buat pada tahun 2011 oleh PT.INKA yang merupakan pabrik kereta api nasional, dengan alasan biaya pengadaan yang telalu tinggi dan sering bermasalah tidak banyak KRL-I yang di gunakan. Pada masa pendesain-an krl ini krl ini di sebut sebagai krl Prajayana .
Pada awalnya KRL-I terdiri dari 2 rangkaian masing-masing dengan 4 gerbong. Namun KRL-I generasi pertama di kembalikan lagi ke INKA karna sering mogok. KRL-I dulunya di gunakan sebagai KRL ekonomi AC Ciliwung Blue Line yang melintasi Manggarai - Sudirman - Karet - Tanah Bang - Duri-Angke-Kp.Bandan - Kemayoran - Ps Senen - Jatinegara dan kembali lagi ke Manggarai.
13. KRL KFW i9000
Nah ini menjadi primadona di saat sekarang, krl ini memilik AC yang sejuk sehingga banyak pengguna yang suka dengan krl ini.Untuk mengetahui krl ini lebih jauh silahkan berkunjungun ke postingan saya sebelumnya yang bisa di baca di sini.
Udah ya segitu aja dulu jenis-jenis KRL yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber, kalo ada yang mau nambahin silahkan. Semoga postingan ini membantu kamu ya agar lebih tau jenis krl apa yang sering kamu tumpangi setiap pagi.
keren om postingannya...di update lagi yaaa..ane penggemar Kereta ^^.
BalasHapusASSALAMU ALAIKUM.WR.WB.. SAYA TERMASUK ORANG YANG GEMAR BERMAIN TOGEL,SETELAH SEKIAN LAMANYA SAYA BERMAIN TOGEL AKHIRNYA SAYA MENEMUKAN NOMOR SEORANG PERAMAL TOGEL YANG TERKENAL KEAHLIANNYA DI SELURUH DUNIA,NAMANYA
HapusKIYAI_PATI DAN SAYA BENAR BENAR TIDAK PERCAYA DAN HAMPIR PINSANG KARNA KEMARIN ANGKA GHOIB YANG DIBERIKAN OLEH KIYAI 4D DI PUTARAN SGP YAITU 6780 TERNYATA BETUL-BETUL TEMBUS. SUDAH 2.KALI PUTARAN SAYA MENAN BERKAT BANTUAN KIYAI
PADAHAL,AWALNYA SAYA CUMA COBA COBA MENELPON DAN SAYA MEMBERITAHUKAN SEMUA KELUHAN SAYA KEPADA KIYAI_PATI DISITULAH ALHAMDULILLAH KIYAI_PATI TELAH MEMBERIKAN SAYA SOLUSI YANG SANGAT TEPAT DAN DIA MEMBERIKAN ANGKA YANG BEGITU TEPAT..,MULANYA SAYA RAGU TAPI DENGAN PENUH SEMANGAT ANGKA YANG DIBERIKAN KIYAI ITU SAYA PASANG DAN SYUKUR ALHAMDULILLAH BERHASIL SAYA JACKPOT DAPAT 500.JUTA,DAN BETAPA BAHAGIANYA SAYA BERSUJUD-SUJUD SAMBIL BERKATA ALLAHU AKBAR…..ALLAHU AKBAR….ALLAHU AKBAR….SEKALI LAGI MAKASIH BANYAK YAA KIYAI,SAYA TIDAK AKAN LUPA BANTUAN DAN BUDI BAIK KIYAI, BAGI ANDA SAUDARAH-SAUDARAH YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA TERUTAMA YANG PUNYA HUTANG SUDAH LAMA BELUM TERLUNASI SILAHKAN HUBUNGI KIYAI_PATI DI NOMOR HP: 0852_1741_5657
wah jr 205 mana ?
BalasHapusiya nih, JR 205 mana?
BalasHapusKau Umpetin Dimana Tuh JR 205Nya ???
BalasHapuskok krl tokyu nya cuma 2 spesies om. kan tokyu ada 6 spesies di indonesia
BalasHapusNostalgia
BalasHapus