Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

21 Oktober 2013

Dipo Depok - Dipo KRL Terbesar Se-Asia Tenggara

Kamu sering dengarkan yah pihak terkait menyebutkan ' Rangkaian Akan Di Kembalikan Ke Dipo Depok ' Kamu tau ngga dipo depok itu ada dimana? Yups dari namanya udah jelaskan Dipo Depok yang pasti ada di depok lah masa di bogor hahaha...

Dipo depok berada di depok 1 km dari stasiun depok lama tepatnya beada di kelurahan Ratu Jaya kecamatan Pancoran Mas Kota depok. Dipo ini juga memiki fasilitas perbaikan yang berteknologi canggih seperti refrofiling roda ( pembubutan ). Selain itu terdapat pengolahan air limbah pencucian kereta,pembakaran sampah kereta,rumah sinyal,drainese,masjid dan jembatan penyebrangan orang ( overpass ). Kontraktor pembangunan dipo ini adalah join operation antara Mitsubishi Heavy Industries, Hitachi Plant Enginering and Contruction , PT. Wijaya Karya dan Sumitomo Corporation.




Dipo yang mempunyai panjang 1,3 meter dan lebar 200 meter ini menempati lahan seluas 26 hektar. Semua KRL Yang beroperasi di jabodetabek di rawat di dipo yang pengoprasiannya di resmikan oleh presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 22 januari 2008. Pembangunan semua fasilitas itu seluruhnya menelan biaya sebesar Rp. 504 M , berasal dari APBN dan pinjaman pemerintah jepang melalui Japan Bank Of International Cooperation ( JBIC ).

Dipo ini juga mempunyai 14 stabling track ( parkir ) untuk 224 unit KRL, 2 jalur pemeliharaan bulanan, 1 jalur pemeliharaan tahunan, 2 jalur pemeliharaan harian, 1 jalur pemeriksaan tak terjadwal, 3 jalur pembentukan formasi krl, dan 2 jalur cuci besar. Komplek dipo ini juga di lengkapi 30 kamar mess masinis dengan 120 tempat tidur.

Sekjen Departemen Perhubungan ( Dishub ) Harijogi Mengatakan ,pembangunan dipo KRL itu adalah upaya debhub untuk meningkatkan peran KRL sebagai angkutan commuter utama jabodetabek. " Saat ini KRL mempunyai peran sangat penting pada sistem transportasi. Volume penumpang KRL Jabodetabek mengalami peningkatan drastis dari tahun ke tahun".ujarnya..

 Berikut Foto - foto nya yang omen kumpulin dari Mbah Google 

ini gerbang utamanya 






tempat pemeliharaan KRL

ini tempat pencucian KRL




Jalur stabling KRL ( parkir krl )
 
Selain KRL ada juga penghuni dipo ini selain KRL seperti : 

1.lori yuyu kang-kang

Biar pun kecil tapi lori ini bisa menarik satu kereta :)

2.TMC ( Track Motor Car ) 



Track Motor Car ini fungsinya untuk perawatan sarana dan prasarana yang ada di depo

3.Djoko Tingkir


Djoko Tingkir ini bukan milik depo depok tapi dia sering main ke depo depok bila ada krl yang baru datang dari jepang atau pun bila ada krl yang mogok lalu di tarik sama si joko ke depo depok.

Udah ah ya segitu aja dulu kalo ada yang mau nambahin silahkan di tambahin di kolam koment, oh iya depo depok ini jadi tempat favorite anak-anak railfans jepang loh yang inigin bernostalgia sama krl yang dulu pernah beroperasi di sana. Jika kamu mau main ke depo depok tinggal jalan kaki aja dari stasiun depok lama cuma 30 menit aja tapi sebelum masuk harus minta ijin dulu ke petugas yang jaga karna tidak semua orang bisa masuk ke kawasan depo depok ini.

2 komentar:

  1. Mau nanya nih kalo di dipo krl depok itu nerima mahasiswa buat melakukan penelitian gga ya ?terimakasih

    BalasHapus