Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

12 Desember 2013

Katub Darurat Pembuka Pintu


Setelah tragedi bintaro terjadi banyak pihak yang menyesalkan kenapa tidak tersedianya palu untuk pemecah kaca dalam setiap gerbong commuterline. Pada dasarnya KRL ex jepang itu tidak mengenal sistem pemecah kaca jendela dengan palu atau alat apapun untuk keselamatan, mereka menggunakan katub angin untuk membuka pintu secara darurat. 

Yang jadi permasalahannya adalah dimana letak katub angin tersebut, sebagian penumpang mungkin sudah tau di mana letak katub tersebut tapi bagai mana penumpang yang awam mengenai teknis perkereta listrikan pasti akan bertanya-tanya dimana itu katub pembuka pintu? 

Umumnya katub-katub tersebut berada di dua posisi yakni di bawah bangku dan di antara sambungan antar gerbong, Untuk menandai katub tersebut  biasanya di lapisi penutup berwarna merah untuk memudahkan pencarian.Selain di bagian dalam di bagianluar pun tersedia katub pembuka pintu letaknya berbeda-beda tergantung tipe KRLnya, Namun pada umumnya katub tersebut berwarna merah. 


Pada gambar di atas merupakan katub yang berada di krl seri 8000 dan 8500 ( warna silver strip kuning biru ) terletak di dalam krl tepatnya di pojok bawah kursi yang berhadapan langsung dengan pintu keluar.

Bagaimana sih cara mempergunakan katub tersebut? Yang harus anda lakukan adalah mencari dimana posisi katub tersebut, jika sudah ketemu buka tutup kerannya lalu tarik tuas keran sepenuhnya hingga terdengar suara angin yang terlepas. Dengan demikian pintu dapat di buka tangan dengan mudah. Tapi ingat jangan pergunakan katub ini sembarangan, katub ini di gunakan saat darurat saja dan katub ini bukan mainan yang bisa di gunakan seenaknya.Demikan lah info yang bisa saya sampaikan semoga membantu :))


sumber : Komunitas EdanSpur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar